Pendapat Siswa Terhadap Pembelajaran Daring dan metode serta penilaian yang diambil

Nama : Muhammad Hilmi Faiz
Kelas : XI IPS 2

Pendapat Siswa Terhadap Pembelajaran Daring dan metode serta penilaian yang diambil


Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo semuanya!! apa kabar? Baik? semoga baik-baik saja yah......

Di blog ini saya ingin berpendapat terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 ini. Tapi, sebelum saya memberi pendapat, saya ingin berterima kasih kepada orang tua saya yang sudah memberikan waktu dan tenaga untuk tetap memberi dukungan pada saya di saat PJJ seperti menyediakan WIFI di rumah dan membantu menyediakan keperluan belajar jika terdapat keperluan mendadak seperti pulpen, pensil, penghapus dan lain-lain. Selain orang tua, saya juga berterima kasih kepada Bu Lizza selaku guru matematika yang selalu memberi arahan dalam tugas-tugas membuat blog serta selalu menjawab pertanyaan jika terdapat tugas yang sulit dilakukan dan membantu murid dengan memberi tugas yang lumayan tidak memberatkan murid dikala PJJ ini. 

Pada blog ini saya akan memberi pendapat tentang pembelajaran daring yang sudah saya lakukan dan saya lalui selama lebih dari satu tahun ini. Pada awalnya mendengar Pembelajaran Daring terdengar menyenangkan, akan tetapi setelah dilalui ternyata juga lumayan susah. Pembelajaran Daring lumayan susah dikarenakan sulitnya dan terbatasnya media komunikasi sehingga terkadang pembelajaran menjadi tidak maksimal. Sangat berbeda saat pembelajaran luring dimana murid cepat mendapat banyak informasi serta ilmu-ilmu, akan tetapi hal itu bisa tertutupi dengan adanya Google sebagai penunjang PJJ saat ini serta guru yang selalu ada dan menjawab pertanyaan jika terdapat murid yang bertanya. 

Selain pembelajaran daring, saya akan berpendapat terhadap metode yang dipakai dalam pembelajaran daring. pada awalnya memang susah berdaptasi pada metode baru, akan tetapi, semakin lama saya semakin bisa melaksanakan pembelajaran-pembelajaran tersebut dengan metode baru. Metode-metode baru tersebut mulai saya biasakan serta juga mengubah kebiasaan siswa sehingga dapat lebih aktif dan kreatif di dalam media sosial seperti membuat powerpoint, membuat dokumen dan juga membuat blog. Selain itu, juga terdapat konferensi virtual yang mempermudah ilmu dan berinteraksi dengan guru secara langsung untuk belajar dan bertanya seputar ilmu yang akan dipelajari.

Selain metode, terdapat pula penilaian. Penilaian disaat PJJ ini cukup mempermudah siswa dengan tidak membuat paper, presentasi atau pun hal lainnya sehingga penilaian menjadi lebih mudah serta mudah mendapatkan nilai yang baik. selain penilaian tersebut, terdapat pula penilaian yang saya lakukan untuk menilai pembelajaran daring ini. Pembelajaran daring ini sudah lumayan baik walaupun masih terdapat kekurangan seperti masih terdapat guru yang kurang melek terhadap teknologi sehingga masih bertanya kepada murid cara melakukan sesuatu serta pelajaran yang melakukan konferensi virtual menggunakan aplikasi zoom, meet, microsoft team dan lain-lain yang terkadang masih memberatkan siswa dikarenakan memakan kuota yang sangat banyak serta pembatasan waktu dan jumlah partisipan yang menghambat pembalajaran. selain masalah teknologi, juga terdapat faktor guru yang terkadang hanya memberi tugas tanpa menjelaskan pelajaran yang sedang berlangsung sehingga murid memiliki pengetahuan terbatas hanya dari internet ataupun hanya dari bimbingan belajar daring tanpa bimbingan langsung dari guru yang bersangkutan. Selain hal tersebut, juga terdapat faktor kebiasaan siswa yang sudah mulai berubah seperti tidak mau belajar kembali setelah PJJ berakhir, entah karena PJJ menurutnya sudah berat ataupun mencari kesempatan untuk bersantai dikarenakan sudah belajar dan duduk lama di depan gawainya masing-masing, akan tetapi hal-hal tersebut sebenarnya salah karena kita juga perlu mengulang pembelajaran untuk memperkuat ingatan kita tentang pembelajaran. Selain hal-hal yang telah dijelaskan, saya rasa sudah sangat cukup dan sudah sangat padat serta sudah mewakili keluh kesa saya sebagai pelajar selama pembelajaran daring ini. Oleh karena itu, Pendapat ini saya sudahkan dan Terima kasih telah membaca sampai akhir.


Terima kasih sudah membaca ini sampai akhir yah..........

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Sumber Gambar :

https://portaljember.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-16602375/pembelajaran-online-terasa-sangat-berat-netizen-ini-surati-para-pemangku-kebijakan

https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01844504/10-tips-agar-pembelajaran-jarak-jauh-pjj-di-rumah-lebih-efektif-bagi-pelajar-dan-mahasiswa

Komentar